Haul Datuk Orang Kayo Hitam (OKH)


Haul Datuk Orang Kayo Hitam (OKH), adalah bagaimana generasi muda daerah ini menghargai perjuangan dari Orang Kayo Hitam, sebagai Raja yang pernah memimpin Kerajaan Melayu di masa tahun 1500 – 1515.

Datuk OKH ini memiliki hubungan langsung dengan Datuk Paduko Berhalo dan dengan Putri Selaras Pinang Masak. Sejarah perjuangan Datuk OKH  banyak sekali, dikenal sampai ke Mataram dan banyak pejuang-pejuang lainnya yang membangkitkan semangat. Karena leluhur terdahulu sudah melakukan perjuangan-perjuangan yang harus dipertahankan. Sejarah ini perlu dijadikan pegangan untuk para pemuda pemudi Jambi, dan dibangunnya patung Sulthan Thaha juga adalah salah satu motivasi untuk mengingat dan mempertahankan apa yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan dari negeri ini.   

Keharuman nama Datuk Orang Kayo Hitam telah memberikan inspirasi kepada penggeliat seni di Provinsi Jambi dengan mengabadikan belau dalam sebuah judul lagu “Orang Kayo Hitam”. Dari penggalan beberapa bait lagu tersebut, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi, pertama, kalimat : “namonyo agung dimano-mano, sampai mataram dio dikenali”. Kedua, kalimat : “ayah benamo Datuk Berhalo, turunan Turki asalnyo mulonyo”. Dari penggalan bait tersebut, menunjukkan adanya keterkaitan atau rangkaian peristiwa sejarah antara Kerajaan Melayu yang diwakili oleh OKH dengan Kerajaan Mataram di Pulau Jawa dan Kerajaan Turki dibelahan Asia Timur Tengah sana.   




-

-

-


Wisata Keindahan Alam Nan Elok Kab. Tanjabtim
(10 Foto)
Kehidupan Fauna Kab. Tanjung Jabung Timur
(10 Foto)