SELAYANG PANDANG
Jumat, 25 Maret 2016 | 14:21:10 WIB | Dibaca: 246 Kali



 LATAR BELAKANG

 

SebagaiKabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Tanjung Jabung Barat , secara administratif terdiri dari 11 kecamatan dan 93 Desa/Kelurahan,sedangberupayameningkatkanpembangunan di segalabidang, salahsatudiantaranyaadalahpembangunan di bidangKebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga yang merupakanbagianpembangunannasional yang bertujuanuntukMenuju Masyarakat yang berbudaya, menjadi destinasi wisata, serta mewujudkan pemuda yang mandiri dan olahraga berprestasi tahun 2016.

 

Daerah KabupatenTanjungJabungTimurdenganIbukotaMuaraSabak, mempunyailuas Wilayah  5.444,98 km2 (10,2 luas wilayah Provinsi Jambi) dan luas lautan/perairan 3.341 km2 atau 191 km panjang pantai 90,5 % dari panjang pantai provinsi Jambi dan terletak di pantai timur pulau Sumatera, berbatasan langsung dengan provinsi Kepulauan Riau, yang merupakan hinterland aegitiga pertumbuhan ekonomi singapura – Batam – Johor

 

DinasBudparporaKabupatenTanjungJabungTimurmerupakanunsurpendukungtugaskepaladaerah yang mempunyaitugasmelaksanakanpenyusunandanpelaksanaankebijakandaerah di bidangKebudayan, Pariwisata, Pemudadanolahraga. Iniberartisegalakegiatan yang berhubungandenganKebudayaan, Pariwisata, PemudadanOlahraga di wilayahkerjamerupakantanggungjawabnya.

 

KabupatenTanjungJabungTimurmemilikiPotensinilaisenidanBudayacukupbesardengankeragaman yang sangattinggi. Potensiseni yang berkembangdaerahinidiantaranyaadalahseni music daerah, nyanyian – nyanyiandaerah, dantariandaerah, kesenianbernuansaislamidanberbagaibentuksenitradisionallainnya.Ekstensikeseniandaerahdimungkinkanolehkeberadaankelompok-kelompoksenidaerah yang tersebardiberbagaidaerahpedesaan yang meliputiseniteater, senitari, seni music qosidah, rebana, reogdanwayang. 0 level1 lfo2'>4.    Mewujudkan kehidupan masyarakat dalam pengembangan pariwisata, seni budaya, pemuda dan olahraga.

 

  1. Meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata budaya pemuda dan olahraga serta pembinaan atlit yang berprestasi.